Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi pemasaran digital dan penetapan harga yang mengacu pada etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen di platform e-commerce Shopee, baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online berbasis skala Likert untuk 40 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan, strategi pemasaran digital dan penetapan harga yang sesuai dengan etika Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian konsumen (nilai signifikansi 0,000 <0,05). Secara parsial, strategi pemasaran digital memiliki pengaruh signifikan (nilai signifikansi 0,009), demikian pula strategi penetapan harga sesuai prinsip syariah, yang menunjukkan pengaruh signifikan (nilai signifikansi 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik pemasaran digital dan kebijakan penetapan harga memainkan peran penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan minat pembelian di era digital.

Keywords

Pemasaran Digital Etika Bisnis Islam Minat Beli E-Commerce Penetapan Harga

Article Details

How to Cite
Ramadani, R. ., Sutisna, E., & Darmawan, M. W. (2025). Analisis Strategi Digital Marketing dan Penetapan Harga Berbasis Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Shopee. Journal of Economics Review (JOER), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.55098/joer.v5i1.80

References

  1. Afifah, H., Jasmien, L., Qisthi, M., Ihsan, R., & Syti Sarah Maesaroh. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kemudahan Penggunaan Platform Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 157–167. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1148
  2. Amalia Wahyuni, Lu'lu Ul Maknurah, Acai Sudirman, Zikriatul Ulya, Muhammad Nazif, Putu Fajar Kartika Lestari, Baiq Dinna Widiyasti, Sari Anggarawati, T. Meldi Kesuma,Fauziah,Stevany Hanalyna Dethan Arizal Hamizar, Eduard Yohannis Tamaela, (2025). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Strategis), Bandung, CV. Widina Media Utama, https://repository.penerbitwidina.com/publications/593606/manajemen-pemasaran-analisis-perencanaan-dan-pengendalian-strategis
  3. Azhar Sholihin, S., & Annissa Oktapiani, M. (2021). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol XII No(3), 365–372 https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.607.
  4. Curry, D. (2025). Shopee Revenue and Usage Statistics (2025). Bussiness of Apps. https://www.businessofapps.com/data/shopee-statistics/
  5. Dian Rahmawati, F. (2023). Peran Digital Marketing Dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Promosi dan Harga Terhadap Impluse Buying (Studi pada E-commerce Shopee). JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(2), 071–086. https://doi.org/10.33476/jeba.v7i2.3416
  6. Dr.Malahayatie. (2020). Konsep Etika Bisnis Islam (Suatu Pengantar). Lhokseumawe: Sefa Bumi Persada
  7. Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  8. Hana, K. F., & Miranti, A. R. (2021). The Impact of Online Consumer Reviews, E-Service Quality, and Content Marketing on Purchasing Decisions on the Shopee Seller Marketplace, with Islamic Business Ethics as a Moderation Variable. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 345. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.13477
  9. Imron, Y. N., & Masykuroh, E. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam pada Pemasaran Marketplace Shopee. Journal of Economics, Law, and Humanities, 2(1), 139–155. https://doi.org/10.21154/jelhum.v2i1.1699
  10. Ismaya, N. A. J., Astrian, R. W., & Kurnia, T. (2024). Perbandingan Keefektifan Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee dan Belanja di Pasar: Menurut Konsep Islami pada Masyarakat Usia 17-25 Tahun. Karimah Tauhid, 3(3), 3150–3163. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12263
  11. Isnain Fitri Auli Yanti, Ulfian, U., Febriani, F., Bayulpa, D. O., Safitra, M., & Tarigan, D. J. (2024). Konsep Etika Bisnis Dan Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Economics and Business, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.61994/econis.v2i1.456
  12. Nisa’, N. K., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pengguna E-Commerce Shopee. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(08), 979. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i08.p11
  13. Nurdin, S., & Hardianti, L. (2022). Meningkatkan Minat Beli Melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36–46. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.698
  14. Ramadhani, T., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). Pengaruh Rating Dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplaceshopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9623
  15. Rismaya, T., Muslim, U. B., & Shiddieqy, H. A. (2022). Analisis Mengenai Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Ditinjau Dari Sudut Pandang Syariah (Studi Pada Pengguna Shopee). Sahid Business Journal, 1(01), 49–60. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.12
  16. Siti sopiah, S., & Midisen, K. (2024). Analisis Strategi Marketing Live Shopee Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 598. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12325
  17. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
  18. Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502
  19. Widodo, A., & Fahrizal. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Bisnis Berbasis Teknologi Komunikasi. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 163–180. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v7i2.66
  20. Windianingsih, A., Darmawan, M. W., & Hisanah, R. (n.d.). Analisis Pengaruh Penerapan Konsep Islam pada Akad Ba’i, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Usaha Moslem House Kota Sukabumi). https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3040
  21. Windianingsih, A., Muhaimin, M., & Sekarini, R. A. (2024). Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran bagi UKM Suku Baduy di Provinsi Banten. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.1028
  22. Yunas, M. F., Yusuf, M. A., & Sekarini, R. A. (2023). Pengaruh Influencer dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 60–75. https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1581